Monday, January 26, 2009

The "Legendary Fab Four" Beatles



The Beatles.


John, Paul, George, dan Ringo. 4 orang yang tergabung dalam satu band terbesar yang pernah ada di muka bumi ini, The Beatles. Band asal Liverpool yang skrg telah menjadi legenda musik dunia.


Semua org pasti tau lagu lawas mereka, I want to hold your hand, she loves you, can't buy me love, love me do, yesterday dll.


"Eits sebentar, itu dulu..saat mereka masih berumur 20 tahun-an..selanjutnya.. mereka terus berkembang..dan terus maju dalam bermusik..", kata gw.


Saat ini gw yakin merekalah yang berhasil membuat perubahan besar dalam musik. Seiring usia mereka yang bertambah..Transformasi mereka dalam bermusik juga terjadi..Irama psychedelic yang mereka ciptakan bisa dibilang belum ada pada saat itu membuat band ini benar-benar merubah image mereka sebelumnya, "4 cowok kece maenin lagu2 cinta" dan menjadi gak sekedar rock n roll aja tapi lebih luas lagi.


Masing-masing personil mulai membentuk jati dirinya masing-masing, Lennon dengan lirik yang jujur, Mccartney bermain instrumen dengan lebih berani, Harrison mulai mencoba musik timur tengah dengan bermain sittar, sementara Starkey mulai mencoba menciptakan lagu dan bermain lebih agresif dan penuh improvisasi yang bisa dibilang unik(cat: bukan permainan yg mengandalkan speed dan skill yang sangat tinggi). Kolaborasi baru dari keempatnya menciptakan sesuatu yang sangat matching.

Stop listening to their old songs and albums dgn judul2 yang udah gw sebutin diatas, karena mereka jauh lebih dari itu, i can guarantee u’ll find things that really new on music creation, dimana menurut saya sangat sulit musik seperti itu diciptakan pada tahun 1965-1969, dimana beberapa pemusik masih berkonsentrasi dengan permainan yang skillful.

Dengarlah dengan seksama cara mereka bermain musik dalam lagu seperti,
Strawbeery Fields Forever, Tomorrow Never Knows, I am The Walrus, Within You Without You, A day in the life, Happiness is a warm gun, Maxwell Silver Hammer, Hey Bulldog, Across The Universe. Sungguh suatu kejeniusan yang sangat hebat. Perpaduan dari berbagai ornamen membentuk suatu piramida musik yang kokoh dan long lasting. Cobalah dengar dengan detail album2 mereka:


* Revolver,
* Sgt.pepper Lonely Hearts Club Band,
* White Album,
* Magical Mystery Tour
* Let it Be,
* Abbey Road


The Beatles pada saat itu adalah saat dimana mereka mulai bereksperimen dengan alat musik yang ada untuk membuat sound yang benar2 baru. Suatu revolusi dalam bermusik, membuat mereka menjadi very typical. Menawarkan nuansa yang benar-benar baru..Sampai saat ini gw udah memutar-mutar A Day In The Life lebih dari 200x. And the song become the top of the top 25 most played from my iPod.
Dan gw selalu menikmatinya tiap kali memutarnya lagi, lagi, dan lagi..

Betapa jeniusnya mereka, betapa proses pendewasaan mereka dalam bermusik dapat membuat perubahan besar dalam aliran musik skrg.
Salut, 4 jempol, untuk sumbangan mereka terhadap musik. <!--[if !supportLineBreakNewLine]--> <!--[endif]-->

No comments:

Post a Comment